Apa Itu Sensor Timbangan?

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Apa Itu Sensor Timbangan?

Apa Itu Sensor Timbangan?

Setiap alat digital pasti menngunakan fitur canggih dalam pengoperasiannya. Termasuk timbangan digital, ada alat tambahan yang harus digunakan pada timbangan digital tersebut. Alat itu adalah sensor timbangan.

Sensor yang terdapat pada timbangan berfungsi untuk membaca berat benda yang ingin di timbang. Kemudian, sesnsor itu akan menampilkanberat benda pada layar digital. Karena itulah disebut timbangan digital, karena menggunakan indikator digital untuk menampilkan berat benda yang ditimbang.

Sensor Itu adalah Load cell. Apa itu Load cell? Load cell adalah Load cell adalah sebuah alat uji perangkat listrik yang dapat mengubah suatu energi menjadi energi lainnya yang biasa digunakan untuk mengubah suatu gaya menjadi sinyal listrik. Pada timbangan digitak, alat ini ditempatkan dibawah plat timbangan. Sedangkan pada timbangan gantung, load cell ditempatkan pada bagian dalam casing timbangan dan dihubungkan pada pengait timbangan.

Sensor timbangan memliki jenis yang beragam, berikut macam-macam senosr timbangan:

1. Loadcell Single Point

Loadcell ini biasa digunakan pada timbangan duduk digital. Sensor ini biasanya diletakkan di tengah-tengah paltform timbangan.

2. Loadcell Shear Beam

Loadcell ini digunakan pada timbangan lantai digital dan bisanya diletakkan pada sudut-sudut timbangan.

3. Loadcell Compress

Loadcell ini digunakan pada timbangan truk dan agar dapat bekerja, loadcell ini ditekan pada bagian atasnya.

4. Loadcell double ended

Loadcell ini sejenis dengan Loadcell Shear Beam, namun hanya saja sensor ini menggunakan bola baja untuk media tekannya dan terdapat 2 sensor. Loadcell ini digunakan pada timbangan truk.

5. Loadcell S

Disebut dengan Loadcell S, karena bentuk sensor ini menyerupai huruf “S” dan digunakan pada timbangan gantung. Berbeda dengan Loadcell lainnya, cara kerja sensor ini tidak ditekan, melainkan ditarik. Sisi atas dihubungkan pada pengait untuk tempat permanen, dan sisi bawah dihubungkan pada pengait untuk media barang yang akan ditimbang.

Leave your thought