Kesalahan Menimbang Berat Badan

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Kesalahan Menimbang Berat Badan

Kesalahan Menimbang Berat Badan

Banyak orang yang merasa terobsesi dengan berat badannya sehingga membuat mereka justru melakukan banyak hal yang berdampak buruk pada tubuh daripada kebalikannya. Salah satunya adalah tidak berhenti mengecek berat badan setiap saat.

Padahal, dalam menimbang berat badan, itu ada caranya sendiri. Berikut kesalahan umum yang dilakukan ketika menimbang berat badan seperti dilansir Times of India.

Menimbang setiap hari
Tidak dianjurkan untuk menimbang berat badan setiap hari, namun dianjurkan menimbang berat badan dengan siklus tertentu. Seperti satu minggu sekali dari hari yang sama, sepuluh hari sekali, satu bulan sekali, atau yang lainnya. Karena jika menimbang badan setiap hari, hasil yang dihasilkan tidak akurat dan akan berubah-ubah.

Menimbang setelah berolahraga
Tahukah Anda, setiap satu liter air sama dengan satu kilogram berat tubuh Anda? Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda kehilangan banyak air karena keringat. Oleh sebab itu, menimbang setelah berolahraga dapat mengurangi berat badan Anda. Jika Anda ingin menimbang sebelum dan sesudah olahraga, tidak masalah. Tetapi hasil yang Anda dapat akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Menimbang di tempat teman
Anda harus mengingat aturan dalam mengontrol berat badan, Anda harus menggunakan timbangan badan yang sama setiap waktu. Jika tidak, meskipun timbangannya tidak dikalibrasi dengan baik, Anda akan tetap mengetahui perubahan yang terjadi pada berat badan Anda.

Menimbang di waktu berbeda
Ini adalah aturan lain yang harus Anda ingat, tidak hanya menimbang pada timbangan yang sama tapi juga pada waktu yang sama. Jangan pernah menimbang sehabis makan siang yang banyak atau makan malam. Timbanglah berat badan di pagi hari ketika perut belum terisi makanan dan minuman.

Menimbang dengan mengenakan sepatu dan pakaian
Baju, celana, atau rok mungkin tidak banyak mempengaruhi timbangan badan Anda, tapi ketika cuaca dingin dan Anda mengenakan pakaian berlapis, jangan pernah menginjak alat timbangan. Gunakan pakaian seminim mungkin dan sebaiknya pakaian yang sama ketika menimbang. Karena pakaian akan menambah beban.

Timbangan Diatas Karpet

Alat timbangan di atas karpet
Awalnya ini diyakini sebagai mitos, tapi sekarang sejumlah studi mengindikasikan bahwa jika Anda menaruh timbangan di atas karpet, berat badan Anda akan bertambah. Taruhlah timbangan badan pada permukaan yang keras, seperti lantai keramik, agar mesinnya bisa membaca dengan benar.

Menimbang pada hari tertentu dalam satu bulan
Ini hanya berlaku untuk wanita. Saat masa menstruasi, wanita cenderung memiliki berat badan lebih tinggi karena simpanan air dalam tubuh mereka. Hindari menimbang berat badan di hari itu.

Jangan sering menimbang jika sangat memengaruhi Anda
Jika Anda menjadi cemas ketika memikirkan akan menimbang berat badan, sudah saatnya Anda menghilangkan kebiasaan menimbang. Namun, Anda tetap bisa menjaga tubuh ideal dengan kisaran berat badan dibandingkan dengan angka. Penambahan 2-3 kilogram masih normal dan berpakulah pada berat badan itu. Perubahan bisa terjadi karena perubahan di perut atau makanan yang Anda makan.

Ketika Anda terlihat kurus tapi berat bertambah
Jika Anda puas dengan penampilan dan berat badan Anda, buat apa menimbang lagi. Berbahagialah dengan kondisi Anda sekarang dan jaga kesehatan.

Banyak juga jenis timbangan badan yang tersedia dipasaran, ada yang digital maupun analog. Kami menjual timbangan badan dengan kualitas terbaik dan terjangkau. Untuk lebih jelas lagi mengenai produk timbangan badan kami bisa di Timbangan Badan.

Leave your thought