Masyarakat Usulkan Tera Ulang Timbangan

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Masyarakat Usulkan Tera Ulang Timbangan

Masyarakat Usulkan Tera Ulang Timbangan

Sejumlah warga yang sering berbelanja ke pasar tradisional mengusulkan diberlakukannya tera ulang atas semua jenis Timbangan yang digunakan oleh para pedagang. Mereka mengaku dirugikan atas berkurangnya barang yang dibeli karena berat pada Timbangan yang digunakan pedagang tidak sesuai dengan berat yang sebenarnya.

“Kalau saya membeli barang-barang berukuran kecil seperti cabe rawit atau beras, dari hasil penimbangan pasti ada kekurangan beberapa gram. Bahkan pernah sekali waktu kekurangannya hingga hampir satu ons,” kata Dewi, warga Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Sebelum masyarakat dirugikan lebih jauh, ujar Dewi, sebaiknya pemerintah segera mengambil langkah untuk menera ulang seluruh Timbangan yang digunakan oleh para pedagang, baik di pasar tradisional maupun tempat perbelanjaan modern. Pada waktu senggang, Dewi selalu menimbang ulang barang-barang yang dibeli di pasar dengan Timbangan yang dia percayai akurasinya.

“Selain pemerintah, para tokoh agama dan ulama melalui MUI dapat terlibat untuk memberikan penerangan kepada para pedagang tentang hukum mengurangi Timbangan. MUI dapat melakukan sosialisasi hukum agama tentang Timbangan melalui selebaran atau surat edaran,” kata Dewi.

Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Asep Saepulloh menyatakan, tera ulang Timbangan dilaksanakan secara rutin dan periodik. Hanya saja, di antara puluhan ribuan timbangan yang ditera ada saja yang diutak-atik lagi oleh pemiliknya.

“Kami tidak bisa mengawasi pemilik Timbangan yang dalam hal ini pedagang di pasar satu-persatu. Dalam menjalankan tugas pembinaan, kami selalu mengimbau para pedagang untuk selalu berlaku jujur dalam menimbang barang. Berlaku curang dengan mengubah Timbangan merupakan perbuatan dosa,” ujar Asep.

Leave your thought