Pengertian Timbangan Badan dan Jenis-Jenisnya

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Pengertian Timbangan Badan dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Timbangan Badan dan Jenis-Jenisnya

Timbangan Badan adalah timbangan yang digunakan untuk mengukur bobot berat pada seseorang. Tetapi untuk mengetahui berat badan seseorang juga dapat menggunakan timbangan dengan jenis lain. Dengan munculnya timbangan badan yaitu dikhususkan hanya untuk mengukur berat badan seseorang.

Dengan mengetehaui berat badan pada anak kecil dapat mengontrol perkembangan dan pertumbuhan sang anak, apakah anak itu sehat atau tidak. Pada zaman dahulu masyarakat menggunakan timbangan dacin untuk mengetahui berat badan pada anak mereka, timbangan ini juga hanya diperuntukkan bagi anak bayi dan yang berusia dibawah 5 tahun. Untuk mengetahui berat badan pada anak usia 5 tahun ke atas, timbangan yang digunakan adalah timbangan badan analog.

Dengan berkembangnya teknologi, kini timbangan badan mempunyai jenis yang beragam dan juga fitur tambahan seperti timbangan badan yang dilengkapi dengan alat perngukur tinggi badan. Dan seiring dengan modernisasi, timbangan badan juga mengalami perubahan dari analog menuju digital. Tidak hanya dengan jarum analog, tetapi kini timbangan dapat menampilkan hasil pengukuran melalui layar digital.

Ada berbagai jenis timbangan badan saat ini. Berikut adalah jenis-jenis timbangan badan:

1. Timbangan Bayi
Timbangan yang digunakan khusus untuk menimbang bayi yang baru saja dilahir. Timbangan bayi kini berupa digital sehingga hasil dari proses penimbangan akan jauh lebih akurat. Dengan bentuk yang dirancang untuk bayi, sehingga dapat memberi kenyamanan untuk bayi ketika proses penimbangan.

2. Timbangan Dacin
Timbangan yang juga digunakan untuk menimbang bayi atau balita. Timbangan ini memiliki bentuk yang sederhana dan masyarakat juga sudah mengenalnya, karena sebelum timbangan bayi digital muncul, timbangan inilah yang digunakan oleh masyarakat untuk menimbang anaknya.

Bentuk dari timbangan ini yaitu berupa timbangan yang harus digantung dan dilengkapi dengan sepasang balok (beam) yang dihubungkan oleh lengan tiang terdapat angka untuk mengukur berat badan. Balok yang digunakan jug mempunyai letak yang berbeda, balok yang digunakan untuk menimbang badan yaitu balok yang berada diposisi lengan tiang yang lebih panjang. Sedangkan balok yang digunakan sebagai titik berat berada diposisi lengan tiang yang pendek.

3. Timbangan Dengan Alat Pengukur Tinggi Badan
Timbangan ini berbentuk seperti timbangan duduk, hanya saja indikator yang digunakan berupa analog yang menghadap ke atas. Alat untuk peninggi badan berada bersebelahan dengan tiang indikator. Cukup dengan menarik ke atas alat ukur tinggi badan, kita dapat mengetahui tinggi badan ketika sedangan proses penimbangan berlangsung.

4. Timbangan Mengukur Lemak dalam Badan
Omron HBF-306 hadir dengan fungsi menampilkan grafik interpretasi tubuh, mengukur persentase lemak tubuh, menampilkan nilai rata-rata metabolik basal (BMR), penilaian persentase lemak dan BMI .

5. Timbangan Badan Digital
Timbangan ini berbentuk seperti timbagan badan pada umumnya yaitu berbentuk persegi, namun indikator yang digunakan berupa layar digital.

Leave your thought