Pilih Timbangan Duduk Analog atau Digital?

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Pilih Timbangan Duduk Analog atau Digital?

Pilih Timbangan Duduk Analog atau Digital?

Banyak orang bertanya, manakah yang lebih baik antara timbangan duduk digital atau timbangan analog. Seperti kita ketahui sejak dulu kita mengenal hanya timbangan analog, contohnya timbangan meja, timbangan buah, timbangan beras yang besar untuk menimbang beras ukuran kuintal dalam karung-karung, dan masih banyak lagi jenis timbangan analog lainnya.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, timbangan semakin mudah untuk digunakan. Pengertian mudah menggunakan timbangan adalah dapat mengetahui nilai berat suatu barang yang ditimbang dengan cepat dan akurat. Bila dibandingkan antara timbangan digital dengan timbangan analog, tentu timbangan digital jauh memberikan kemudahan untuk penggunanya.

1. Cepat

Kemudahan yang pertama adalah soal kecepatan menentukan nilai berta suatu benda dalam proses menimbang. Anda pernah menimbang telur menggunakan timbangan analog? Atau mungkin pernah melihat penjual telur menimbang? Saya yakin pernah.

Misalnya saja harga telur yang sudah ditentukan oleh penjual adalah Rp. 14.000,-/kg. Kemudian Anda membeli telur dengan berat 1/4 kg. Apa yang terjadi kemudian adalah penjual mulai mencari-cari beberapa telur yang beratnya kira-kira sama dengan 1/4 kg. Ini tidak akan terjadi bila penjual telur menggunakan timbangan digital sebagai alat penimbang berat. Layar timbangan akan langsung menampilkan berat yang diperoleh. Bahkan harga yang harus dibayarkan pun juga dapat langsung tertulis disana.

2. Akurat

Tidak jarang hasil timbangan itu akurat karena tidak ditemukan telur-telur yang beratnya sama dengan 1/4 kg. Sehingga penjual akhirnya memberikan harga yang tidak tepat juga.

Jika dibandingkan dengan timbangan analog, timbangan digital jauh lebih akurat. Karena seiring dengan bertambahnya usia timbangan analog yang terbuat dari bahan besi atau baja, pada bagian tertentu akan mengalami aus yang membuat hasil timbangan semakin hari semakin tidak akurat.

Akibat dari timbangan yang tidak akurat bukan saja dapat menyebabkan kerugian untuk pembelinya, bisa saja penjual juga mengalami kerugian karena timbangan yang tidak akurat.

Tetapi kembali lagi kepada diri kita, lebih mudah menggunakan timbangan duduk analog atau digital karena semua itu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Di website kami timbanganindonesia.com menjual berbagai jenis timbangan baik timbangan digital maupun timbangan analog.

Leave your thought