Prosedur Menggunakan Timbangan Laboratorium

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Prosedur Menggunakan Timbangan Laboratorium

Prosedur Menggunakan Timbangan Laboratorium

Timbangan laboratorium atau yang sering disebut Neraca Analitik (Analytical Balance) merupakan timbangan yang sering digunakan untuk menimbang bahan uji laboratorium dengan tingkat ketelitian tinggi. Penggunaannya pun harus hati-hati agar mendapatkan hasil pengukuran yang tepat. Jika anda belum mengetahui prosedur menggunakan timbangan laboratorium, kami akan menjelaskan bagaimana prosedur menggunakan timbangan laboratorium.

  1. Siapkan timbangan laboratorium dalam kondisi seimbang atau water pass (dengan mengatur sekrup pada kaki neraca sehingga gelembung air di water pass tepat berada di tengah).
  2. Sebelum digunakan, bersihkan timbangan terlebih dahulu dengan menggunakan kuas. Piringan neraca pada timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan alkohol/ethanol.
  3. Tancapkan kabel power timbangan ke statvolt.
  4. Tekan tombol ON kemudian tunggu sampai angka 0,0000 g muncul.
  5. Masukkan alas bahan (gelas arloji, kertas atau benda tipis) dengan membuka kaca tidak terlalu lebar agar tidak mempengaruhi perhitungan karena timbangan laboratorium cukup sensitive).
  6. Tutuplah kaca timbangan laboratoriumnya.
  7. Tekan tombol zero agar perhitungan lebih akurat.
  8. Masukkan bahan yang akan ditimbang dengan tidak terlalu lebar membuka kaca, begitu pula ketika akan menambah atau mengurangi bahan untuk menyesuaikan massa yang diinginkan.
  9. Setelah menaruh bahan yang ingin ditimbang, tutuplah kaca timbangan.
  10. Maka secara otomatis display angka akan berubah menyesuaikan massa bahan.
  11. Catatlah ukuran massa dari bahan yang ditimbang. Jika sudah ambillah bahan yang telah ditimbang.
  12. Kemudian matikan timbangan laboratorium dengan cara menekan tombol off
  13. Setelah timbangan benar-benar mati, lepaskan stop kontak dari statvolt.
  14. Bersihkan ruang dalam timbangan dengan menggunakan kuas. Piringan timbangan dapat diangkat dan dibersihkan seperti langkah no. 2

Demikian prosedur menggunakan timbangan laboratorium. Dengan ini diharapkan anda dapat menggunakan timbangan laboratorium / neraca analitik / analytical balance dengan benar dan timbangan dapat tahan lama serta awet walau digunakan terus menerus.

Leave your thought