Troubleshooting Pada Load Cell

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Troubleshooting Pada Load Cell

Troubleshooting Pada Load Cell

Load Cell merupakan alat yang mengeluarkan sinyal listrik proporsional dengan gaya / beban yang diterimanya, load cell terdapat dalam timbangan digital sehingga menjadi komponen penting dalam pengukuran. Load cell terkadang dapat mengalami kerusakan dan banyak sekali penyebab kerusakan load cell itu sendiri. Kali ini akan dibahas berbagai macam kerusakan pada load cell.

1. Kerusakan karena permasalahan mekanik

Kerusakan load cell dapat terjadi baik secara fisik maupun mekanik. Jika pemilihan load cell pada timbangan terlalu kecil, maka beban yang berlebihan akan membuat load cell melewati batas elastisnya dan tidak kembali ke kondisi awal. Sehingga bagian Strain Gauge akan terkunci pada kondisi tension atau compression. Total berat struktur timbangan, material serta support perlu di perhatikan sehingga total berat struktur timbangan dapat terbagi rata.

2. Kerusakan karena beban kejut

Beban kejut dapat juga menyebabkan kerusakan pada load cell. Beban kejut terjadi karena beban menimpa timbangan secara tiba-tiba dan menyebabkan load cell terdistorsi secara permanen. Selain itu, pemilihan kapasitas load cell yang terlalu besar juga berpengaruh pada kepekaan dan bisa jadi dibawah nilai minimum pada pembacaan indikator. Pembebanan pada sisi atau samping timbangan juga berpengaruh pada keakuratan serta keawetan timbangan itu sendiri.

3. Pengaruh kondisi lingkungan

Pada umumnya Load Cell mempunyai kompensasi suhu jika ia bekerja pada temperatur -17º sampai 66º. Walaupun load cell masih dapat bekerja di luar batasan suhu yang ada, tetapi sertifikat kalibrasi yang dimiliki oleh load cell menjadi tidak valid. Kelembapan merupakan musuh utama Load Cell dan jika load cell sampai terkena kelembapan maka bisa mengakibatkan load cell mati, terlihat overload bahkan drifting terus menerus sehingga timbangan bisa error. Load Cell bisa mengalami korosi dan karat jika terkena bahan kimia. Load cell stain less steel bisa menghindari korosi, tapi tidak menjamin kelembapan tidak masuk kedalam.

4. Pengaruh Resistance to Ground

Load cell juga mempengaruhi ketahanan bodi atau kebocoran listrik jika terkontaminasi air. Ciri-ciri untuk mengetahui kerusakannya adalah dengan melihat pembacaan (display). Jika tidak stabil maka terjadi kontaminasi air pada load cell.

troubeshooting load cell

Leave your thought

WhatsApp chat