Mengenal Timbangan Digital

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Mengenal Timbangan Digital

Mengenal Timbangan Digital

Sungguh teknologi kini memang kian maju sehingga dapat memudahkan kita memecahkan berbagai masalah yang ada Sebuah timbangan digital perangkat pengukuran yang digunakan untuk mengukur berat atau massa suatu benda atau zat. Timbangan Digital membutuhkan sumber daya dan tidak selalu benar-benar akurat, tetapi mereka biasanya cukup akurat dan konsisten bahkan ketika digunakan dalam waktu yang lama. Sebuah skala digital dapat digunakan untuk berbagai tujuan mulai dari pengukuran bahan di dapur untuk pengukuran tepat dari bahan di laboratorium.

Pengertian Timbangan Digital Merupakan alat elektronik yang difungsikan untuk menimbang muatan, Timbangan Digital tidaksama dengan Timbangan manual karena Timbangan itu berguna berdasarkan prinsip teknologi sel muatan di mana sel beban elektronik mengukur bobot benda pada keadaan tertentu.

Sesudah muatan ditimbang ditransfer ke sinyal digital atau elektronik dan kemudian ditunjukkan ke bentuk digital. Timbangan tersebut tersedia model, merek, ukuran, dan model yang berbeda, dan biasanya datang dengan baterai dan bobot kalibrasi, bantalan timbangan, serta nampan. Timbangan digital, seperti setiap tipe produk yang berbeda, bermacam-macam dalam harga dan kualitas.

Ada bermacam-macam jenis timbangan digital yang beredar di pasar. Timbangan Digital dikelompokkan berdasarkan bagaimana Timbangan digital tersebut digunakan. Namun demikian, Timbangan satu tipe dapat difungsikan untuk kebutuhan lain juga. macam yang terpopuler ialah timbangan digital kamar mandi, timbangan digital dapur atau makanan, timbangan digital pos, timbangan digital point of skala, Timbangan digital saku dan Timbangan laboratorium digital. Baru-baru ini, Timbangan telah dibawa ke level berikutnya dan bisa membuat perhitungan lain berbeda dari bobot badan.

Timbangan ini dimaknai sebagai Timbangan pintar serta bisa menghitung kalori dan informasi nutrisi lainnya.

Macam-macam Jenis Timbangan Digital dan Penggunaannya

1.   Timbangan Portable/ Bench Scale
Timbangan ini terpisah antara tempat timbang dan penunjukannya ( Indicator ). Biasanya dihubungkan dengan tiang penyangga.
Kalau dari Pabrikan resmi biasanya ukurannya sudah tertentu semisal : 30 x 40 cm, 45 x 60 cm dll. Ukuran kapasitas timbangan ini biasanya antara lain : 6 kg, 15 kg, 30 kg, 60 kg, 100 kg, sampai 300 kg. Timbangan model ini juga bisa dibuat sesuai pesanan sipembeli sendiri dari mulai ukuran maupun kapasitasnya.

2.  Timbangan Gantung/ Crane Scale/ Hanging Scale
Dinamakan timbangan gantung karena system penimbangannya digantungkan ditimbangan tersebut.Jadi Timbangan tersebut tidak mempunyai platform tempat timbang.Beban yang akan ditimbang digantung langsung menarik Loadcell yang sudah menyatu dengan Indikatornya.

3.Timbangan Laboratorium (Lab. Balance)
Timbangan ini dipakai dilaboratorium. Biasanya dengan ketelitian yang cukup tinggi. Range yang dipakai antara 0,01 g sampai 0,0001 g.

Leave your thought