Kenapa menggunakan satuan Kilogram (Kg)

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Teknologi timbangan digital > Kenapa menggunakan satuan Kilogram (Kg)

Kenapa menggunakan satuan Kilogram (Kg)

Di Indonesia, kita lebih sering menggunakan kilogram yang disingkat kg sebagai ukuran massa.

Di beberapa negara lain, lebih sering menggunakan ukuran pon yang disingkat dengan lb. Mengapa singkatannya lb, ya?

Satuan Massa

Ukuran pon (pound dalam bahasa Inggris) banyak digunakan di negara-negara Eropa dan juga di Amerika Serikat. Satu pon beratnya sama dengan 0,453 kilogram. Walaupun satuan massa internasional adalah kilogram yang disingkat dengan kg, masih banyak negara yang menggunakan pon sebagai ukuran massa. Kebanyakan karena sudah terbiasa menggunakan ukuran tersebut.

Kilogram (kg), adalah satuan unit SI untuk massa. 1 gram didefinisikan sebagai 1/1000 kilogram. Kilogram didefinisikan sama dengan massa dari sebuah kilogram standar (IPK), yang disimpan di Sevres, Prancis. Massa kilogram standar ini hampir sama dengan massa 1 liter air.

Dalam penggunaan sehari-hari, massa sebuah benda disamakan dengan berat, padahal sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda sama sekali, dilihat dari nilai serta konsepnya. Dalam konteks sains, massa merujuk kepada banyaknya jumlah partikel dalam suatu objek, sedangkan berat merujuk kepada gaya yang dialami oleh suatu benda akibat adanya gaya gravitasi sebuah objek yang memiliki massa satu kilogram akan memiliki berat antara 9.78 newton dan 9.83 newton, tergantung dari gravitasi di tempat itu.

Sumber : bobo.grid.id & Wikipedia


Mengapa peternak wajib menggunakan timbangan hewan digital ?

Timbangan hewan digital merupakan jenis timbangan digital yang digunakan untuk menimbang hewan ternak besar seperti sapi, kerbau dan kambing/domba. Timbangan hewan ternak memiliki akurasi yang sangat akurat, berbeda dengan timbangan pada umumnya dimana timbangan ini dilengkapi dengan auto lock key yang mampu mengunci berat hewan jika kondisi hewan tidak dalam keadaan diam. Selain itu timbangan hewan digital juga didesain agar kedudukan load cell aman dan terlindungi dari air dan kotoran.

Leave your thought