Pengertian Tentang Timbangan

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Timbangan hewan kerangkeng > Pengertian Tentang Timbangan

Pengertian Tentang Timbangan

Timbangan atau Neraca merupakan alat yang di pakai untuk mengukur massa atau berat dari suatu benda atau lainnya. Timbangan, telah di bagi menjadi 2 jenis yaitu timbangan digital dan timbangan mekanik. Salah satu jenis timbangan yang sederhana yaitu neraca pegas, yang dimana timbangan ini menggunakan pegasnya untuk mengukur massa atau berat dari benda yang di ukurnya.

Alat ukur berat suatu benda ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, skala / timbangan digunakan untuk menentukan jumlah bobot dari suatu barang. Terutama jumlah berat benda yang tidak dapat di tentukan dengan menghitung dan mengukur benda tersebut. Dulu, bangsa Roma menerapkan sistem seperti ini dengan menggunakan pusat balok dan di tambahkan dengan sebuah pin. Yang pertama-tama dan harus di perhatikan memilih balok yang panjangnya yang tidak sama dari balok.

Timbangan pertama sudah di kembangkan sekitar 5000 SM di Mesir. Itu adalah timbangan pertama yang terbuat dari balok yang berbentuk simetris yang pada kedua ujung yang timbangan tersebut dengan posisi menggantung. Selama Renaissance yaitu ketika uang menjadi bagian yang penting di dunia, maka timbangan koin pertama digunakan.

Selama abad ke-18, semakin lama penelitian tentang timbangan semakin meningkat. Peningkatan inilah yang sekarang ini sedang di tingkatkan yaitu dengan munculnya timbangan dengan balok pendek yang mengurangi waktu. Sistem mekanik seperti inilah yang sensitif dan telah menggabungkannya dalam perumahan kayu supaya terlindungi dari debu, korosi dan arus udara. Perangkat optik dan pencahayaan sebagai tambahan supaya membuat pembacaan hasil dari timbangan tersebut jauh lebih mudah.

Setelah abad ke- 20 timbangan sudah menjadi lebih canggih. Sekitar 1.911 orang-orang mulai menggabungkan potongan berat yang sejauh ini telah di letakkan dari timbangan ke timbangan. Kemudian, setelah perang dunia kedua teknologi berat itu tunduk pada perkembangan yang sangat cepat. Persyaratan peningkatan kualitas barang, peraturan hukum dan waktu produksi yang lebih pendek adalah impuls penting bagi teknologi yang lebih tepat, lebih cepat, lebih sederhana, lebih dapat diandalkan, dan lebih ekonomis.


Sekarang juga tersedia timbangan digital yang di khususkan untuk penimbangan hewan ternak, timbangan hewan ternak digital biasanya di gunakan untuk menimbang hewan seperti sapi, kuda, kambing dll.

Deskripsi produk dari “Timbangan hewan ternak sapi”

Timbangan hewan kerangkeng sistem digital yang akurat, konsruksi kokoh, dan handal ini diproduksi oleh PT. Bumi Mataritama sejak tahun 2000 dan sukses menembus pasar hewan ternak hingga menjadi rekomendasi dinas peternakan dalam 22 provinsi di Indonesia. Selain canggih dan didesain sangat kokoh agar aman dari hantaman bila digunakan untuk mengukur hewan besar seperti sapi, kerbau, dan juga termasuk unta didalamnya, harga timbangan hewan X-SAGO ini terbilang ekonomis juga sangat mudah dalam penggunaannya.

Produk timbangan hewan kerangkeng ini cocok untuk diaplikasikan untuk menimbang sapi, kambing/domba, kerbau, kuda, dan hewan ternak lainnya bahkan hewan peliharaan terutama dalam menimbang hewan berbobot besar di lokasi margasatwa.

Mengapa peternak wajib menggunakan timbangan hewan digital ?

Timbangan hewan digital merupakan jenis timbangan digital yang digunakan untuk menimbang hewan ternak besar seperti sapi, kerbau dan kambing/domba. Timbangan hewan ternak memiliki akurasi yang sangat akurat, berbeda dengan timbangan pada umumnya dimana timbangan ini dilengkapi dengan auto lock key yang mampu mengunci berat hewan jika kondisi hewan tidak dalam keadaan diam. Selain itu timbangan hewan digital juga didesain agar kedudukan load cell aman dan terlindungi dari air dan kotoran.

Leave your thought