Apa itu Load Cell dan Fungsinya?

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Timbangan hewan digital > Apa itu Load Cell dan Fungsinya?

Apa itu Load Cell dan Fungsinya?

Yang dimaksud Load cell ialah sebuah transfer atau alat perangkat listrik yang dapat mengubah satu energi menjadi energi lainnya atau sigma energi menjadi sigma energi jenis lainnya. Proses perubahan sigma ini umumnya dikenal sebagai transduction.

Apa hubungan Load cell dengan timbangan digital? Fungsi dari Load cell adalah sebagai sensor berat pada sistem timbangan dimana Load cell merubah gaya mekanik menjadi sinyal listrik. Pada timbangan, Load cell berfungsi sebagai sensor yang bekerja secara mekanik dan menggunakan prinsip tekanan untuk kemudian diukur dan dijadikan referensi beban. Load cell merupakan bagian terpenting dari sebuah sistem timbangan digital.

Jual_Load_Cell_Murah.jpg

Jenis Load cell ada beberapa macam, diantaranya :

1. Loadcell Single Point

Load cell ini biasa digunakan pada timbangan bench scale. Load cell ini ditempatkan di bagian tengah platform timbangan.

2. Loadcell Compress

Cara pemakain Load cell ini ialah dengan menekan bagian atasnya. Biasanya load cell jenis ini di pakai untuk timbangan truck.

3. Loadcell Shear Beam

Load cell ini cocok untuk floor scale.

4. Loadcell Model S

Dinamakan Loadcell S karena bentuknya menyerupai huruf “S”. cara kerja dari Load cell ini tidak di tekan melainkan ditarik sisi atas dan bawah. Sisi atas dikaitkan dengan gantungan sedangkan bagian bawahnya dikaitkan dengan barang yang akan ditimbang.

5. Load Cell Double Ended

Load cell ini bekerja dengan menekan sisi tengah load cell. Loadcell ini biasa dipakai untuk timbangan truck.

Baca Juga : Timbangan

Bagaimana cara kerja Load cell?

Cara kerja load cell mirip dengan sensor tekanan yaitu untuk mengukur tekanan suatu zat. beban yang diberikan mengakibatkan reaksi terhadap elemen logam pada load cell yang mengakibatkan perubahan bentuk secara elastis. Gaya yang ditimbulkan oleh regangan ini (positif dan negatif) di conversikan kedalam sinyal listrik oleh strain gauge.

Leave your thought