Timbangan Digital Hewan Lebih Akurat Daripada Tabel Berat Badan Sapi

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Timbangan Hewan Ternak > Timbangan Digital Hewan Lebih Akurat Daripada Tabel Berat Badan Sapi

Timbangan Digital Hewan Lebih Akurat Daripada Tabel Berat Badan Sapi

timbanganindonesia – Tabel berat badan sapi adalah alat bantu untuk memperkirakan berapa berat badan sapi. Tabel ini hanya taksiran karena tidak akurat 100%, melainkan hanya selisih dari berat sapi yang sebenarnya. Kemampuan memperkirakan berat badan sapi secara perlahan perlu untuk dipelajari. Hal ini karena timbangan sapi tidak tersedia di semua tempat transaksi.

timbangan_sapi_digital.jpg

Ada tiga cara untuk mengetahui berat badan sapi. Mulai dari memakai alat bantu sampai dengan hanya melihatnya saja. Dari yang paling akurat sampai meraba – raba.

1.Menimbang sapi menggunakan timbangan digital

Cara ini paling akurat dengan nilai kepastian yang cukup tinggi. Keunggukan mengukur sapi dengan timbangan digital adalah :

  • Berat sapi bisa diketahui sangat akurat.
  • Peternak bisa mendapat kepastian harga.
  • Bisa memantau perkembangan sapi dengan cepat.

 2. Mengukur lingkar dada sapi

Memperkirakan berat badan sapi dengan mengukur lingkar dada adalah langkah tengah – tengah. Cara ini cocok bagi yang tidak memiliki timbangan digital dan tidak bisa menaksir berat badan secara langsung. Tapi kita perlu tabel yang mampu membantu untuk mengetahui perkiraan sapi, berikut tabelnya beserta contoh.

cara-membaca-tabel-berat-badan-sapi.jpg

Pada kolom bagian kiri ada angka 40 – 190, pada bagian atas ada angka 0 – 9. Pada gambar diatas contoh mengukur lingkaran sapi sebesar 157. Kita ambil nilai 150 pada kolom kiri dan angka 7 pada ari atas. Kemudian kita tarik pertemuan. Titik pertemuan merupakan taksiran dari bobot sapi. Kelemahan dari tabel diatas hanya bisa mengukur maksimal 440 kg.

 3. Menaksir dengan melihat sapi langsung

Keahlian ini dengan cara pengalaman langsung yang membutuhkan waktu, bisa dimiliki orang – orang tertentu.

Ada cara lain untuk mentukan berat sapi dengan berbagai rumus berikut :

1.Rumus Schoorl Denmark.

Berat sapi dalam kilogram dan lingkar dada dalam centimeter.

 RUMUS-scoorl-denmark-untuk-mengukur-berat-badan-sapi.jpg

2. Rumus Schoorl Indonesia.

Rumus ini juga dikenal rumus Smith.

 Rumus-schoorl-indonesia-untuk-menghitung-berat-sapi.jpg

3. Rumus Winter Eropa

Panjang badan (PB) dan lingkaran dada dalam satuan Ichi. Dan berat sapi yang diperoleh salam satuan pound. Kita harus merubah satuan tersebut ke cm agar muda untuk diterapkan.

1 inchi = 2,53 cm dan 1 pound = 0,4544 kg.

 rumus-winter-eropa.jpg

4. Rumus Winter Indonesia

Panjang badan dan lingkar dada dalam satuan cm dan berat sapi yang dihasilkan sudah dalam satuan kg.

 rumurs-winter-indonesia.jpg

5. Rumus Modifikasi

Seperti pada rumus nomer 2 lingkar dada dan panjang badan dalam satuan inchi dan berat sapi dalam pound. Kita harus merubahnya terlebih dahulu.

 rumus-modifikasi.jpg

Sekarang kita cek. Jadi berapa berat sapi dari lingkar dada melalui rumus dengan membaca tabel. Contoh lingkar dada pada nilai 153 cm, 176 cm dan 187 cm.

   rumus_rumus.jpg

Penjelasannya, dengan tabel akan untung saat pembelian bakalan sebab nilai bobot sapi ditaksir lebih kecil. Tapi akan rugi kalau dipakai saat penjualan. Karena bobot sapi akan diperkirakan jauh lebih rendah kalau dengan tabel. Tapi paling akurat kalau kita mempunyai timbanan sapi digital.

Biar tidak salah hitung, saya akan berikan contoh untuk perhitungannya. Untuk rumus ke 1.

Berat sapi (kg) = {(lingkar dada + 22)pangkat dua}/100.

Misalkan linkar dada 153 cm.

Berat sapi (kg) = {(153 cm+ 22)pangkat dua}/100.

Angka – angka yang ada di dalam kurun () dikerjakan terlebih dahulu.

Berat sapi (kg) = {(175 cm)pangkat dua}/100.

Kalau kalkulatornya tidak scintific, pangkat dua itu artinya kalikan dengan bilangan yang sama.

Berat sapi (kg) = {175 cm x 175 cm}/100.

Berat sapi (kg) = {30625}/100.=306,25 kg.

Perlu saya tekankan sekali lagi, semua rumus di atas itu tidak akurat. Yang paling akurat adalah dengan timbangan sapi digital.


Selamat datang di PT. Bumi Mataritama

Perusahaan kami telah terdaftar sejak tahun 2000 dengan NPWP 01.097.737.8-002.000 berstatus swasta yang beralamat di Jl. Pahlawan Revolusi no.22b, Pondok Bambu, Jakarta Timur – 13430. Kami merupakan perusahaan yang memproduksi langsung timbangan digital berkapasitas besar seperti animal scale dan floor scale untuk barang berat hingga kapasitas 5 ton.

TAG : harga timbangan sapitimbangan sapi portableharga timbangan sapi hiduptimbangan ternakharga timbangan ternakharga timbangan sapi digitaldaftar harga timbangan sapi hiduptimbangan sapi hiduptimbangan tradisionaltimbangan manualtimbangan barangjenis timbangantimbangan buahtimbangan gantungtimbangan neracatimbangan translatetimbangan digitaltimbangan kambingservice timbangan digital di bandungharga timbangan gantungharga timbangan badan digital di apotikharga timbangan bebekharga timbangan badan digital di ace hardwareharga timbangan badan onemedharga timbangan berat badan di apotik kimia farmaharga timbangan duduk bebekjual timbangan duduktimbangan manualtimbangan digital tokopediatimbangan digital barangtimbangan gantungharga timbangan digital 5 kgtimbangan digital gramtimbangan tradisionaltimbangan digital gantungtimbangan digital barangtimbangan digital gramtimbangan digital kopiharga timbangan kambingharga timbangan ternakJual timbangan digitaltimbangan digital shopee.produksi timbangan hewansupplier timbangan hewan ternakprodusen timbangan kambingsupplier timbangan hewansupplier timbangan sapisupplier timbangan murahjual timbangan hewanbeli timbangan hewan kerangkengtimbangan hewan ternak , tempat beli timbangan sapitempat beli sapi qurbansapi qurban timbangansapi qurban perkilotimbangan digitaltimbangan ternak digitaltimbangan sapi ternaktimbangan berat sapianimal scaleanimal scale for live stock

Leave your thought