Permasalahan Pada Timbangan Digital

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Permasalahan Pada Timbangan Digital

Permasalahan Pada Timbangan Digital

Seperti yang kita tahu alat teknologi canggih mampu bekerja dengan baik serta banyak keunggulannya. Tetapi ada juga kelemahan dari suatu alat teknologi dan juga memiliki kerusakan atau permasalahan yang kerap terjadi.

Timbangan juga memiliki kelemahan berupa permasalahan atau gangguan. Berikut adalah permasalahan yang kerap terjadi pada timbangan digital.

1. Kerusakan Drifting

Drifting adalah jenis kerusakan timbangan digital yang terjadi pada setiap tiimbangan digital. Kerusakan drifting biasanya ditandai dengan ketidakstabilan nilai yang muncul pada layar (display) timbangan. Penyebab kerusakan ini ada dua hal, yaitu karena rusaknya bagian Loadcell dan software yang perlu diatur (adjustment).

2. User Interface Rusak

Kerusakan ini mungkin akibat dari terganggunya bagian user interface sehingga memungkinkan terbakarnya bagian LCD dan ditandai dengan bercak hitam atau karena kebocoran. Dan kerusakan yang lain adalah macetnya atau tidak berfungsinya tombol timbangan.

3. Timbangan Mati Total

Jenis kerusakan yang satu ini ada kaitannya dengan komponen elektroniknya. Kerusakan ringan juga dapat menyebabkan mati totalnya timbangan digital, contohnya bagian adaptornya saja yang rusak. Namun ada juga kemungkinan kerusakan yang parah, misalnya bagian main-board yang rusak.

Ringannya kerusakan pada timbangan digital berpengaruh dengan biaya servis yang murah. Bisa dengan mengganti komponen yang rusak apabila terdapat kerusakan pada main-board (tidak secara keseluruhan). Dengan begitu biaya servis lebih murah dibanding harus mengganti 1 blok main-board sekaligus.

4. Hasil Timbangan Tidak Akurat

Sering kita jumpai ketika saat proses penimbangan hasil yang ditampilkan tidak sesuai dengan massa beban. Namun banyak yang mengira bahwa timbangan harus melakukan proses kalibrasi. Harus diingat, kalibrasi hanya sebuah prosedur untuk menampilkan nilai timbangan pada standar beban tertentu. Jadi kita hanya melakukan penyesuaian (adjustment) yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan software.

Gangguan Indikator

5. Timbangan Error

Hampir semua timbangan digital yang rusak, indikatornya menapilkan kode “error”. Perlu diketahui, gangguan seperti ini tidak selalu berkaitan dengan spare-part yang rusak. Mungkin terjadi akbiat konektor yang kotor, kurang kuatnya pengunci, atau adanya kabel instalasi yang terlepas. Karena itu yang kita periksa pertama kali adalah konektor dan kabel-kabel yang terdapat pada unit timbangan yang error.

Jika mengalami permsalahan pada Timbangan Digital, pilihlah jasa service yang terpercaya agar permasalahan yang Anda temukan dapat diatasi dengan benar.

Oleh karena itu, anda dapat memilih jasa service timbangan sesuai yang anda percayai. Jika belum menemukannya, anda dapat memilih jasa service timbangan dari timbanganhewanternak.co.id. Dengan pelayanan yang baik, cepat dan harga yang bersaing, anda dapat menggunakan jasa service timbangan yang kami sediakan di website ini dan bagi kami kejujuran adalah yang utama sehingga amanah yang diberikan kepada kami akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang dikerjakan. Untuk pemesanan jasa service timbangan anda dapat menghubungi sales kami dengan nomor telepon yang sudah ada di pojok kanan website atau melalui email sales@timbanganindonesia.com.

Leave your thought

WhatsApp chat