Aneka model teknologi timbangan dalam kehidupan sehari-hari

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Aneka model teknologi timbangan dalam kehidupan sehari-hari

Aneka model teknologi timbangan dalam kehidupan sehari-hari

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman seperti saat ini, sudah banyak sekali jenis dan type timbangan yang juga terus berkembang pesat dengan bentuk dan varian yang semaikin beragam. Berikut adalah pembahasan beberapa jenis timbangan sesuai fungsinya :

1. Timbangan Pocket

Ini merupakan jenis dari timbangan yang berukuran sangat mini sehingga dapat dibawa kemanapun kita pergi, oleh sebab itu timbangan yang memiliki ukuran tergolong kecil ini hanya memiliki kapasitas yang kecil dan biasanya diproduksi dengan kapasitas dibawah 30 kg.

2. Timbangan Buah

Foto. Timbangan buah manual

Timbangan buah pada umumnya merupakan timbangan dengan sistem manual yang biasanya digunakan oleh pedagang buah baik pada lokasi pasar tradisional maupun pedagang buah pinggir jalan, dalam pengukurannya timbangan buah memiliki skala berat timbangan yang terbatas.

***  Timbangan Buah Digital  ***

Timbangan digital pada umumnya banyak digunakan pada lokasi komersial seperti supermarket merupakan salah satunya, timbangan digital terdiri dari layar display, flat atau tempat barang, dan aneka tombol fungsi seperti tombol power, tombol angka, hingga tombol perintah print struk harga.

Dalam pengoperasiannya, kita hanya perlu mediakan barang yang akan ditimbang kemudian meletakkan barang tersebut di atas flat. Setelahnya, masukan kode barang yang akan ditimbang dan tunggu hingga digit angka perhitungan barang berhenti, perlihatkan berat dan harga barang yang tertera pada layar display kepada konsumen dan tekan tombol print untuk mencetak label barang. Yang terakhir adalah dengan menempelkan label barang pada kemasan barang tersebut, demikian merupkan cara singkat dalam penggunaan timbangan digital.

4. Timbangan Portable/ Bench Scale

Ini merupakan jenis timbangan digital yang memiliki desain terpisah antara tempat timbang dan penunjukannya atau biasa disebut dengan Indicator timbangan yang kemudian dihubungkan dengan tiang penyangga, jika timbangan berasal langsung dari pabrikan biasanya telah memiliki ukuran standar semisal 30 x 40 cm, 45 x 60 cm, dan sebagainya bahkan di PT. Bumi Mataritama anda dapat memesan ukuran maupun desain dan kapasitas timbangan diluar standar menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Ukuran kapasitas timbangan portable pada umumnya berada dalam kisaran kapasitas 6, 15, 30, 60, 100, sampai dengan 300 kg saja, namun di PT. Bumi Mataritama anda dapat memesan timbangan portable (bench scale) dengan kapasitas timbang sesuai pesanan bahkan hingga 5 ton keatas karena merupakan produsen langsung timbangan digital berpengalaman sejak tahun 2000.

5. Timbangan Gantung/ Crane Scale/ Hanging Scale

Timbangan ini dinamakan dengan timbangan gantung dikarenakan cara penimbangan objek timbang yang digantungkan pada timbangan ini, hal tersebut dikarenakan timbangan gantung sendiri memang didesain sesuai fugsinya dengan tidak memiliki platform tempat timbang. Beban objek yang ditimbang dengan cara tergantung secara otomatis akan langsung menarik loadcell yang memang sudah dirancang menyatu dengan Indikatornya, tentunya ini membuat timbangan gantung menjadi sangat berbeda dengan timbangan pada umumnya.

6. Timbangan Platform/ Floor Scales

Sekilas timbangan ini memang memiliki tampilan seperti bench scale, namun jika ditelusuri lebih detail kita akan menemukan hal yang membedakan kedua produk timbangan digital tersebut. Timbangan lantai digital memiliki kapasitas standar yang terbilang lebih besar dan umunya tidak disediakan tiang penyangga oleh produsen lain tidak sepertihalnya di PT. Bumi Mataritama anda akan mendapatkan tiang display untuk indikator dalam unitnya, dimensi tempat timbang di timbangan lantai juga jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bench scale digital.

Biasanya platform dari floor scale dibuat oleh pabrikan lokal untuk menekan biaya produksinya, namun di PT. Bumi Mataritama sebagai produsen timbangan barang super berat berkualitas benar-benar akan membebaskan konsumen untuk menentukan ukuran platform sesuai dengan kebutuhan. Ukuran yang biasa dipesan adalah 1 x 1, 1,2 x 1, 1,2 x 1,2, 1,5 x 1,5 dan ukuran lainnya dalam satuan meter. Seperti aplikasinya, timbangan ini disebut dengan nama timbangan lantai tidak lain adalah karena penggunaan timbangan ini yang ditanam di dalam lantai yang telah dibuat kolam sebelumnya sehingga akan merata dengan lantai.

Berhubung barang yang ditimbang pada floor scale merupakan barang dengan beban berat, pada awal penggunaannya barang tersebut dibawa dengan memakai kereta dorong. Dan karena timbangan rata dengan lantai, maka kereta atau trolley hanya perlu disorong ketempat timbang dan kemudian kereta akan keluar setelah penimbangan.

7. Timbangan Tahan Air (Waterproof)

Seperti timbangan-timbangan elektronik yang lainnya, timbangan waterproof memiliki kelebihan akan adanya ketahanan terhadap lingkungan yang berair dan lembab. Timbangan ini biasanya dipakai untuk Industri Ikan atau hewan yang hidup di dalam air. Lingkungan yang dingin, lembab dan cenderung basah akan mengakibatkan timbangan biasa tidak akan mampu bekerja, namun pada produk timbangan waterproof malah sebaliknya sehingga timbangan ini diklaim mampu bertahan lama dan tidak rusak walaupun telah terendam dalam air sekalipun.

8. Timbangan Harga Retail ( Retail Computing Scale )

Timbangan ini biasanya dipakai untuk menimbang aneka buah-buahan, makanan ringan, daging, dan masih banyak lagi fungsi lainnya sehingga sangat ideal bila digunakan pada toko buah, penjual oleh-oleh, supermarket, minimarket, dan lokasi komersial lainnya.

Produk timbangan harga retail dilengkapi dengan 3 buah display seperti display untuk penunjukan berat, display untuk harga dalam satuan kilogram barang yang ditimbang dan display untuk total harga atau struk. Timbangan jenis ini juga ada yang memiliki berbagai fitur paling lengkap seperti memiliki memori yang besar hingga memiliki kemampuan dalam menyimpan PLU sampai dengan 3000 yang berarti timbangan tersebut dapat memuat data barang dan harganya sampai 3000 item.

9. Timbangan Penghitung Satuan (Counting Scale)

Timbangan ini berfungsi untuk menghitung barang – barang kecil yang bila dilakukan akan memakan waktu. Semisal Baut dan Mur, Kancing, Tablet obat dll.

Kerja timbangan ini adalah dengan menimbangkan sample dulu ketimbangan.

Semisal 10 biji kancing. Selanjutnya berat kancing itu akan disimpan didalam memori timbangan itu untuk jumlah 10 kancing. Setelah itu berapapun kancing yang dimasukan kedalam timbangan akan bisa dihitung berat dan jumlahnya oleh timbangan tersebut.

10. Timbangan Kadar Air (Moisture Balance)

Timbangan tersebut sangatlah unik yaitu bisa mengeluarkan panas. Jadi kegunaan timbangan tersebut adalah untuk mengetahui seberapa banyak kadar air yang tersembunyi dalam setiap barang yang ditest. Cara kerja timbangan tersebut adalah sebagai berikut : Barang yang akan ditest kadar airnya ditimbang terlebih dahulu. Setelah didapat beratnya kemudian barang tersebut dipanaskan oleh system pemanas dari timbangan. Setelah dipanasi kemudian barang tersebut ditimbang lagi. Perbandingan antara berat barang yang basah / belum dipanasi dengan barang yang sudah kering setelah dipanasi itulah yang menjdi pengukuran kadar airnya.

11. Timbangan Hybrit

yaitu timbangan yang cara kerjanya merupakan perpaduan antara timbangan manual dan digital. Timbangan Hybrid ini biasa digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Timbangan Hybrid menggunakan display digital tetapi bagian paltform menggunakan plat mekanik.

12. Timbangan bebek

Timbangan bebek biasanya digunakan di warung untuk toko-toko  untuk menimbang seperti : beras, gula, telur, minyak goring, dll.

Bagian-bagian :

  • Tempat/wadah barang
  • Badan timbangan

Satuan penghitung (bandul pemberat),ukurannya :
–  ½ ons                     –  ½ kg
–  1 ons                      –  1 kg
–  2 ons                      –  2 kg

Cara Pengoperasianya :

  • Sediakan timbangan bebek yang akan digunakan Sediakan barang yang hendak ditimbang.
  • Sediakan alat pembungkus barang.
  • Letakan pemberat pada tempat beban.
  • Pastikan barang lebih berat dibandingkan pemberat.
  • Apabila barang terlalu berat maka kurangi massa barang tersebut.
  • Namun apabila pemberat lebih berat maka tambah massa barang.
  • Memberikan kesempatan.
  • Kemas barang yang telah selesai kepada konsumen untuk mengetahui hasil timbangan  ditimbang dengan benar dan rapi.
  • Sebutkan nominal uang yang harus dibayar oleh pembeli.
  • Ucapkan terimakasih apabila transaksi telah selesai.

13. Timbangan Jarum

Timbangan yang menggunakan jarum dan biasanya digunakan untuk menimbang berat badan dan sebagai takaran saat kita akan membuat kue/roti.
Timbangan jarum juga dapat digunakan di warung atau toko untuk menimbang telur, gula, dsb dalam skala berat terbatas. Pada timbangan jarum tidak menggunakan pemberat namun menggunakan jarum yang akan berputar kearah angka yang menunjukan berat barang tersebut.

Bagian-bagiannya :

  • Tempat/Wadah barang.
  • Jarum skala yang menunjukan berat barang yang ditimbang (Jarum skala yang akan berputar kearah angka yang menunjukan berat barang).

Prosedur pengoperasian :

  • Sediakan timbangan jarum yang akan digunakan.
  • Sediakan barang yang hendak ditimbang.
  • Sediakan alat pembungkus barang.
  • Lihat perputaran jarum yang menunjukan massa barang.
  • Lebihkan berat barang sedikit.
  • Apabila barang terlalu berat maka kurangi massa barang tersebut.
  • Namun apabila barang terlalu ringan maka tambah massa barang.
  • Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengetahui hasil timbangan.
  • Kemas barang yang telah selesai ditimbang dengan benar dan rapi.
  • Sebutkan nominal uang yang harus dibayar oleh pembeli.

14. Timbangan Badan

yaitu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Contoh timbangan ini adalah : timbangan bayi, timbangan badan anak dan dewasa, timbangan badan digital.

Leave your thought

WhatsApp chat