Beberapa hal yang dikerjakan dokter hewan, jaga kebersihan timbangan hewan salah satunya

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Beberapa hal yang dikerjakan dokter hewan, jaga kebersihan timbangan hewan salah satunya

Beberapa hal yang dikerjakan dokter hewan, jaga kebersihan timbangan hewan salah satunya

Hai,, artikel ini hanya sekedar berbagi ilmu pengetahuan yang kami kutip dari sumber terpercaya, kami memproduksi timbangan hewan ternak digital dan floor scale (timbangan lantai digital) untuk barang berat dengan kapasitas tinggi bahkan hingga 5 ton. Untuk informasi timbangan hewan dan floor scale kami dapat membantu via email bumata@gmail.com atau hubungi PT. Bumi Mataritama di 021-8613346 / kami bantu via whatsapp di 081310045708

Terlepas dari kontroversi yang pernah ada mengenai boleh tidaknya orang muslim menjadi dokter hewan, di bawah ini adalah hal yang perlu diketahui masyarakat lebih jauh mengenai tata laksana dokter hewan menjalankan pekerjaannya terutama bagi dokter hewan pet animal.

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengetahui lebih jelas jenis hewan apa sajakah yang dapat kita bawa ke klinik khusus hewan peliharaan yang kini cukup mudah kita temukan, jawabannya tentu adalah hewan peliharaan jinak seperti kucing, anjing, kelinci, ayam dan burung. Biasanya para pemilik hewan peliharaan datang ke klinik untuk melakukan pemeriksaan hewan baru maupun pemeriksaan rutin, termasuk pemberian vaksin hingga menginginkan pengobatan hewan mereka yang sakit.

Inilah tata cara dokter hewan bekerja dalam hal “higienitas memegang hewan dalam pemeriksaan dan perawatan”

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh dokter hewan sebelum dan sesudah menangani hewan sehat atau sakit adalah harus mencuci tangan dengan air mengalir dengan penggunaan sabun antiseptik. Kemudian menggunakan sarung tangan (glove) maupun masker jika diperlukan, ini sangat diperlukan jika hewan yang diperiksa terduga menderita sakit yang bersifat zoonosis atau menular dari hewan ke manusia.

Dokter hewan juga diwajibkan dalam hal menjaga kebersihan meja periksa maupun peralatan yang digunakan dalam pemeriksaan seperti stetoskop, termometer, timbangan hewan, maupun peralatan klinik lainnya dengan alkohol dan desinfektan.

Hal wajib bagi dokter hewan muslim agar “terhindar dari najis hewan tertentu”

Ada beberapa hal yang tentunya harus dibedakan dari segi penanganan bagi dokter muslim terutama jika dalam menangani hewan anjing, demi meminimalisir risiko terkena najis dari hewan tersebut dapat menghindari kontak secara langsung dengan penggunaan glove atau sarung tangan.

Setelah itu dengan menyempurnakan pembersihan melalui cara mensucikan diri dengan tanah, pasir atau debu 1 kali dan membasuh dengan air bersih mengalir 7 kali. Dokter hewan muslim juga mengenakan baju scrub dokter lengan panjang (baju periksa) dan memisahkan baju untuk beribadah.

Kesadaran pemilik hewan mengenai kesehatan & kesejahteraan hewan itu penting !

Jika melihat kesadaran para pemilik hewan yang sudah lebih baik dan perduli akan kesehatan serta kesejahteraan hewan mereka, disinilah dibutuhkan peran dokter hewan untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaannya melalui cek rutin dan vaksinasi.

Hal ini didasari kesadaran pribadi bahwa dengan hewan peliharaan yang sehat maka orang yg memelihara hewan tersebut juga dapat hidup dengan sehat karena dapat terhindar dari resiko berbagai penularan penyakit zoonosis, disamping itu dengan memerhatikan kesejahteraan hewan adalah dengan bentuk tanggung jawab dan kasih sayang dari pemilik hewan itu sendiri.

Dengan menjaga sanitasi lingkungan rumah maupun kandang hewan agar senantiasa bersih tentunya dapat dilakukan dengan pembersihan rutin dan baiknya jika kita menggunakan desinfektan lingkungan, ini dapat menghilangkan bakteri yang dihasilkan dari kotoran hewan maupun yang terbawa dari lingkungan luar saat kita sedang asik mengajak hewan peliharaan berkeliling kemanapun.

Kita juga sangat diwajibkan sekali untuk mencuci tangan setelah berinteraksi dengan hewan terlebih sebelum makan, juga memperhatikan kebersihan hewan peliharaan dengan rutin dengan melakukan grooming meliputi memandikan, memotong kuku, membersihkan gigi & telinga dan merapikan bulu.

Hal lain yang perlu dilakukan dalam dalam mengurus hewan peliharaan adalah perlunya melakukan pengecekan kesehatan hewan secara rutin juga dengan memberikan obat dan vitamin secara berkala seperti obat cacing, vaksin rutin, multivitamin hingga makanan yang berkualitas. Membersihkan kandang setiap hari terutama bagi pemelihara kucing yang harus mengganti litter box setiap hari, mencuci tempat pakan dan minum hewan peliharaan setiap hari hingga memberikan ruang gerak yang cukup bagi hewan peliharaan untuk bermain, olahraga, dan jalan-jalan juga jangan sampai terabaikan.

Sumber : femina.co.id

*** Baca juga ***

“Mengenal lebih jauh aneka timbangan beserta fungsinya”

“Pasar hewan selalu menjamur di akhir tahun, berat hewan ditentukan timbangan hewan agar lebih akurat”

Leave your thought

WhatsApp chat