Pembeli selalu menjamur di akhir tahun, berat hewan ditentukan timbangan hewan agar lebih akurat

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Pembeli selalu menjamur di akhir tahun, berat hewan ditentukan timbangan hewan agar lebih akurat

Pembeli selalu menjamur di akhir tahun, berat hewan ditentukan timbangan hewan agar lebih akurat

Hai,, artikel ini hanya sekedar berbagi ilmu pengetahuan yang kami kutip dari sumber terpercaya, kami memproduksi timbangan hewan ternak digital dan floor scale (timbangan lantai digital) untuk barang berat dengan kapasitas tinggi bahkan hingga 5 ton. Untuk informasi timbangan hewan dan floor scale kami dapat membantu via email bumata@gmail.com atau hubungi PT. Bumi Mataritama di 021-8613346 / kami bantu via whatsapp di 081310045708

Timbangan hewan digital menentukan “bobot sapi peternak di Pasar Hewan”

Dikutip dari Prokal.co, Bontang dimana pada saat-saat jelang mendekati hari raya Idul Adha terlihat dimana sejumlah pedagang hewan kurban bermunculan di Kota Taman, baik para pedagang yang memang kesehariannya berprofesi sebagai peternak maupun pedagang musiman. Mereka saling berlomba dalam mengais rezeki dalam momen dimana umat Islam dianjurkan menyembelih hewan kurban.

Seperti keterangan salah satu peternak yang dikenal dengan nama Muda’i misalnya, dia merupakan seorang pedagang yang sehari-harinya berdagang di Jalan KS.Tubun tak jauh dari lokasi Pasar Sementara Rawa Indah. Beliau mengungkapkan jika berdasarkan pengalamanya di tahun-tahun sebelumnya, penjualan akan mulai ramai sekitar 10 hari sebelum hari raya kurban.

Dan terkait soal harga, pak Muda’i menyebut jika harga hewan hewan kurban yang dia jual ditentukan berdasarkan timbangan hewan setelah dilakukan penimbangan, timbangan hewan yang digunakan merupakan khusus timbangan hewan ternak untuk sapi yang tentunya berbobot besar. Semakin besar bobot sapi ternaknya, maka harga jualpun semakin tinggi. Beberapa jenis sapi juga disediakan seperti Sapi Bali, Sapi Donggala, Sapi Prambon, dan Sapi Putih atau biasa disebut Sapi Jawa.

Soal kisaran harga sapi-sapi ini terhitung dari yang paling murah yaitu berkisar 14 Juta rupiah dengan sapi paling mahal seharga 22 Juta rupiah, dan beliau juga mengungkapkan jika di Bontang sapi yang paling banyak dicari adalah jenis Sapi Bali. Harga sapi Bali sendiri adalah berkisar  18 juta rupiah ungkapnnya.

Dia menyebut jika harga hewan kurban tahun ini masih sama seperti tahun lalu, pasalnya dalam menentukan harga jual pihaknya juga harus berpatokan pada harga daging yang ada di pasar. Sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan, pria yang sudah berdagang sapi selama 12 tahun ini menyebut “selama barang belum diterima pembeli maka masih dalam tanggungan penjual”.

Jika harga daging naik, otomatis harga sapi juga ikut naik. Untuk saat ini memang masih belum terlihat jika harga jual sapi mengalami kenaikan, saya sendiri pun setiap hari selain sebagai pedagang juga sebagai penjagal di Rumah Potong Hewan (RPH). Jadi tahu harga daging di pasaran karena setiap harinya distribusi daging di pasar induk di Bontang semuanya dipotong di RPH,” ujarnya.

Tidak jauh dari tempat dagangan Muda’i, Iqbal salah satu penjual kambing juga mengungkapkan hal yang sama. Dikatakanya jika penjualan baru akan ramai sekira seminggu sebelum hari raya, untuk harga kambing-kambingnya yang paling murah adalah berkisar 2 juta hingga 3,5 Juta rupiah. Semuanya saya datangkan dari Sulawesi,” tukasnya.

Sumber : bontang.prokal.co

*** Baca juga ***

“Mengenal lebih jauh aneka timbangan beserta fungsinya”

“Beberapa hal yang dikerjakan dokter hewan, jaga kebersihan timbangan hewan salah satunya”

Leave your thought

WhatsApp chat