Cari tau yuk apa sih “sensor timbangan” itu

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > Cari tau yuk apa sih “sensor timbangan” itu

Cari tau yuk apa sih “sensor timbangan” itu

Dalam suatu unit alat berteknologi digital, produsen produk digital dituntut untuk menghasilkan rancangan produk berupa fitur canggih yang tertananm di dalamnya agar produk yang dihasilkan memiliki nilai fungsional tinggi sesui tujuan penggunaannya masing-masing. Produk digital yang dimaksud tidak lepas juga dari suatu unit timbangan digital, ini dibuktikan dengan adanya suatu perangkat tambahan yang ditanam di dalam timbangan digital agar timbangan dapat berfungsi dengan sempurna.

Perangkat tambahan tersebut berupa sensor timbangan, dalam kegunaannya sensor tersebut berfungsi untuk membaca berat benda yang ingin kita timbang. Sensor timbangan yang bekerja akan menampilkan berat benda pada layar digital, karena itulah disebut dengan timbangan digital yang disebabkan dengan penggunaan indikator digital untuk menampilkan berat benda yang ditimbang.

Inilah bentuk dari “sensor tiap timbangan digital yang mungkin saja baru kita ketahui”

Sensor dalam suatu unit timbangan digital memiliki nama umum sebagai load cell, dalam pengertiannya load cell sendiri merupakan alat uji perangkat listrik yang dapat mengubah suatu energi menjadi energi lainnya yang pada umumnya digunakan untuk mengubah suatu gaya menjadi sinyal listrik. Dalam tata letaknya, perangkat load cell ditempatkan pada bagian bawah plat timbangan.

Dan khusus pada timbangan gantung, anda akan menemukan load cell berada pada bagian dalam casing timbangan yang terhubung pada pengait timbangan. Sensor dalam suatu timbangan tentunya memiliki jenis yang cukup beragam, dan berikut ini merupakan type-type dari sensor timbangan digital yang sebenarnya harus kita ketahui :

1. Loadcell single point

Loadcell dengan jenis ini pad umumnya digunakan pada unit produk timbangan duduk digital, dalam tata letaknya sensor timbangan ini kebanyakan ditemukan pada bagian tengah diantara paltform timbangan digital.

Contoh aplikasi “loadcell type single point”

2. Loadcell shear beam

Loadcell dengan type seperti ini digunakan pada unit timbangan lantai digital (floor scale), dalam tata letaknya loadcell shear beam umumnya diletakkan pada sudut-sudut timbangan.

Contoh aplikasi “loadcell type shear beam”

3. Loadcell Compress

Loadcell compress digunakan pada timbangan truk, dan dalam aplikasinya loadcell ini perlu mengalami tekanan pada bagian atasnya agar dapat bekerja sesuai fungsinya.

Contoh aplikasi “loadcell type compress”

4. Loadcell double ended

Loadcell type double ended yang digunakan pada timbangan truck ini merupakan loadcell yang masih sejenis dengan loadcell shear beam, akan tetapi point yang membedakan keduanya adalah loadcell atau sensor timbangan ini menggunakan bola baja untuk media tekannya disamping juga terdapat 2 sensor.

Contoh aplikasi “loadcell type double ended”

5. Loadcell “S”

Bukan suatu hal aneh jika perangkat sensor timbangan untuk timbangan gantung ini dinamakan dengan “loadcell S”, sudah tentu hal itu disebabkan karena bentuk dari sensor timbangan ini yang memang menyerupai huruf “S”.

Dan berbeda dengan jenis loadcell-loadcell lainnya dimana cara kerja sensor ini tidaklah ditekan melainkan ditarik, dalam cara kerjanya sisi atas bagian loadcell dihubungkan pada pengait sebagai tempat permanent dan pada sisi bagian bawah dihubungkan pada pengait untuk media barang yang akan ditimbang.

Contoh aplikasi “loadcell type S”

Terimakasih telah membaca artikel kami mengenai “sensor timbangan”. Jika anda membutuhkan timbangan floor scale digital ataupun timbangan hewan digitaldengan kapasitas super besar dan bisa custom desain serta ukuran sesuai keinginan, anda dapat mengorder di PT. Bumi Mataritama, produk timbangan digital berkualitas dapat kami produksi sesuai kebutuhan. Kami bantu lebih cepat via whatsapp marketing 24 jam termasuk hari libur di 081310045708 atau via email bumata@gmail.com (fast response kecuali hari libur).

PT. Bumi Mataritama : Jl. Pahlawan Revolusi No.22b, Pondok Bambu, Jakarta Timur-13430

Timbangan hewan ternak digital X-SAGO dengan kerangkeng, “Produk paling laris dari PT. Bumi Mataritama”

Untuk memiliki produk timbangan yang berkualitas juga bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau, mungkin kami dapat memberikan solusi terbaik melalui produk timbangan digital yang diman “langsung kami produksi sendiri” seperti timbangan hewan ternak digital untuk hewan berbobot super besar hingga 2 ton juga timbangan barang berat yang sangat cocok untuk ekspedisi dan pabrik dengan bobot maksimal standar 5 ton dengan opsi penambahan bobot custom hingga 10 ton.

Keuntungan membeli produk dengan brand X-SAGO di PT. Bumi Mataritama adalah anda tidak akan menemukan timbangan palsu dengan kualitas kurang baik sperti dalam akurasi yang lemah maupun tidak bandel dalam segala aplikasi. Produk yang telah kami produksi sejak tahun 2000 ini merupakan produk yang telah banyak digunakan dalam industri peternakan dan manufacturing, bahkan timbangan hewan digital kami telah menjadi rekomendasi terbaik untuk pasar hewan ternak di mata Dinas Peternakan Negara.

Takaran timbangan digital yang kami produksi sudah terkalibrasi dengan sangat sempurna dengan akurasi tinggi, tentunya sangat pas selali bagi anda yang mendambakan timbangan bandel berkelas internasional dengan kapasitas super besar.

Timbangan Barang Berat Teknologi Super Canggih dan Bandel “Kap. Maksimal standar 5 Ton Opsi Custom 10 Ton”

Timbangan barang digital multifungsi type floor scale

Searches related to Timbangan Sapi : harga timbangan sapitimbangan sapi portableharga timbangan sapi hiduptimbangan ternakharga timbangan ternakharga timbangan sapi digitaldaftar harga timbangan sapi hiduptimbangan sapi hidup

Leave your thought

WhatsApp chat