5 Mahasiswa ini menciptakan “timbangan bersuara untuk Tunanetra”

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Blog > 5 Mahasiswa ini menciptakan “timbangan bersuara untuk Tunanetra”

5 Mahasiswa ini menciptakan “timbangan bersuara untuk Tunanetra”

Lagi-lagi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengeluarkan hasil kreasinya, dan kali ini 5 mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM Yogyakartalah yang memberikan kejutan.

Tentu ini merupakan suatu hal baru yang sangat inovatif dimana mereka mampu menciptakan timbangan yang memang diperuntukkan bagi para tunanetra, timbangan yang mereka produksi adalah timbangan yang memiliki fitur khusus yakni alat penimbang berat yang dilengkapi dengan suara.

Para mahasiswa tersebut diantranya adalah Lutfi Yahya, Dwitia Basuki, Laila Nurbaiti, Arif Abdul Azis, dab Ari Kusuma Ningsih, mereka memberi label timbangan berupa nama ‘Rama Shinta’ yang bekerja dengan cara menghitung objek timbang dengan dibarengi dengan terdengarnya suara yang keluar dari timbangan tersebut.

Menurut Arif Abdul Azis salah satu mahasiswa pencipta timbangan unik ini mengungkapkan “ini merupakan timbangan barang khusus yang dirancang bagi para tunanetra”, perbedaannya ada pada modul suara yang dihasilkan dari berat barang yang ditimbang.

Timbangan “Rama Shinta untuk tunanetra”

Timbangan Rama Shinta ini sendiri dilengkapi dengan mikrocontroller arduino uno, empat buat sensor load cell, buzzer, speaker, LCD monitor, keypad, serta modul suara, namun sayangnya komposisi alat tersebut memiliki keterbatasan dengan hanya mampu mengukur berat maksimal 10 kilogram.

“Riset yang kami lalukan sejak bulan Februari lalu sekira enam bulan,” kata Arif.

Mahasiswi pembuat alat timbangan lainnya yakni Ari Kusuma Ningsih menjelaskan jika perakitan timbangan untuk tunanetra membutuhkan biaya Rp 3 sampai dengan 4 juta rupiah, akan tetapi timbangan belum diproduksi secara massal karena masih dalam sebatas uji coba.

“Sudah diujicoba di Yayasan Mardi Wuto, RS Yab Yogyakarta. Ide awal kami berasal dari keluhan penyandang catat yang ingin berwirausaha dagang,” ungkap Ari.

Dia juga menambahkan jika mode timbangan ini sudah disesuaikan untuk digunakan dalam pengukuran berat suatu benda sesuai dengan berat yang diinginkan. Misalnya penjual tunanetra yang menginginkan berat 2 kilogram maka barang yang timbang tersebut akan berbunyi “beep” dan jika beratnya kurang atau kelebihan maka akan “berbunyi keras”, tandas Ari.

Sumber : news.detik.com/

Terimakasih telah membaca artikel kami mengenai “mengenal analytical balance, timbangan canggih dengan sensor lasser”. Jika anda membutuhkan timbangan floor scale digital ataupun timbangan hewan digital dengan kapasitas super besar dan bisa custom desain serta ukuran sesuai keinginan, anda dapat mengorder di PT. Bumi Mataritama, produk timbangan digital berkualitas dapat kami produksi sesuai kebutuhan. Kami bantu lebih cepat via whatsapp marketing 24 jam termasuk hari libur di 081310045708 atau via email bumata@gmail.com (fast response kecuali hari libur).

PT. Bumi Mataritama : Jl. Pahlawan Revolusi No.22b, Pondok Bambu, Jakarta Timur-13430

Timbangan hewan ternak digital X-SAGO dengan kerangkeng, “Produk paling laris dari PT. Bumi Mataritama”

Untuk memiliki produk timbangan yang berkualitas juga bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau, mungkin kami dapat memberikan solusi terbaik melalui produk timbangan digital yang diman “langsung kami produksi sendiri” seperti timbangan hewan ternak digital untuk hewan berbobot super besar hingga 2 ton juga timbangan barang berat yang sangat cocok untuk ekspedisi dan pabrik dengan bobot maksimal standar 5 ton dengan opsi penambahan bobot custom hingga 10 ton.

Keuntungan membeli produk dengan brand X-SAGO di PT. Bumi Mataritama adalah anda tidak akan menemukan timbangan palsu dengan kualitas kurang baik sperti dalam akurasi yang lemah maupun tidak bandel dalam segala aplikasi. Produk yang telah kami produksi sejak tahun 2000 ini merupakan produk yang telah banyak digunakan dalam industri peternakan dan manufacturing, bahkan timbangan hewan digital kami telah menjadi rekomendasi terbaik untuk pasar hewan ternak di mata Dinas Peternakan Negara.

Takaran timbangan digital yang kami produksi sudah terkalibrasi dengan sangat sempurna dengan akurasi tinggi, tentunya sangat pas selali bagi anda yang mendambakan timbangan bandel berkelas internasional dengan kapasitas super besar.

Timbangan Barang Berat Teknologi Super Canggih dan Bandel “Kap. Maksimal standar 5 Ton Opsi Custom 10 Ton”

Timbangan barang digital multifungsi type floor scale

Searches related to Timbangan Sapi : harga timbangan sapitimbangan sapi portableharga timbangan sapi hiduptimbangan ternakharga timbangan ternakharga timbangan sapi digitaldaftar harga timbangan sapi hiduptimbangan sapi hidup

Leave your thought

WhatsApp chat