Seperti inilah “standar kalibrasi anak timbangan”

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Teknologi timbangan digital > Seperti inilah “standar kalibrasi anak timbangan”

Seperti inilah “standar kalibrasi anak timbangan”

Mungkin bagi sebagian orang tentunya masih asing dengan yang namanya anak timbangan, hal ini dikarenakan masih banyak orang belum mengetahui jika sebenarnya anak timbangan adalah nama lain dari batu timbangan yang lebih dikenal oleh kebanyakan orang.

Apa fungsi dari anak timbangan bagi suatu timbangan?

Batu timbangan atau beberapa orang kerap menyebutnya dengan anak timbangan ini terbuat dari bahan logam yang disesuaikan dengan berbagai kapasitas mulai dari kapasitas 50, 100, 250, 500 gr dan seterusnya, dan dalam penggunaannya anak timbangan kerap digunakan pada timbangan di pasar tradisional dimana anak timbangan ini digunakan untuk mengukur berat sayur-sayuran, buah, daging dan masih banyak lagi.

Lalu apakah anak timbangan yang digunakan telah dikalibrasi sestuai sandar?

Dalam kegiatan kalibrasi timbangan dan anak timbangan ini dapat dilakukan di metrologi massa, dan untuk mengkalibrasi timbangan hal yang pertama kali dilakukan adalah dengan menentukan tingkat ketelitian timbangan yang akan dikalibrasi.

Foto. Aneka macam batu timbangan

Penentuan tingkat ketelitian ini bermaksud untuk memilih anak timbangan standar yang digunakan untuk mengkalibrasi dimana syarat utamanya adalah anak timbangan standar yang digunakan sudah dikalibrasi agar menjamin rantai ketertelusuran, sedangkan untuk menentukan anak timbangan standar yang digunakan untuk mengkalibrasi timbangan haruslah memenuhi persamaan sebagai berikut :

Ketidakpastian anak timbangan standar ≤ 1/3 [e]; dimana e adalah verification scale interval yang memiliki hubungan e = 10 d (d = resolusi timbangan). Sebagai contoh, sebuah timbangan elektronik memiliki resolusi 0,1 mg dengan kapasitas 200 g. Maka, nilai e = 10 x 0,1 mg = 1 mg. Sehingga ketidakpastian anak timbangan standar yang digunakan harus memenuhi persamaan: u ≤ 1/3 |e| = 1/3 x 1 mg = 0,333 mg. Jadi nilai ketidakpastian anak timbangan harus ≤ 0,333 mg.

Lakukanlah perbandingan nilai dengan “table acuan MPE”

Nilai yang telah diperoleh di atas kemudian dibandingkan dengan tabel acuan MPE (maximun permissible errors) yang terdapat di OIML R111, 2004. Dari table MPE dengan kapasitas timbangan adalah 200 g maka kelas anak timbangan yang sesuai dengan hasil di atas adalah berada pada kelas E2.

Jika anak timbangan standar yang digunakan dalam kalibrasi timbangan tidak menggunakan kelas yang sesuai dengan ketelitian timbangan, maka akan berimplikasi pada hasil Limit of Performance (LOP) timbangan tersebut. Dan jika LOP yang dihasilkan dari perhitungan besar, maka hal ini dipastikan karena anak timbangan standar yang digunakan tidak sesuai.

Terimakasih telah membaca artikel kami mengenai “Pengenalan fungsi timbangan duduk digital”. Jika anda membutuhkan timbangan floor scale digital ataupun timbangan hewan digital dengan kapasitas super besar dan bisa custom desain serta ukuran sesuai keinginan, anda dapat mengorder di PT. Bumi Mataritama, produk timbangan digital berkualitas dapat kami produksi sesuai kebutuhan. Kami bantu lebih cepat via whatsapp marketing 24 jam termasuk hari libur di 081310045708 atau via email bumata@gmail.com (fast response kecuali hari libur).

PT. Bumi Mataritama : Jl. Pahlawan Revolusi No.22b, Pondok Bambu, Jakarta Timur-13430

Timbangan hewan ternak digital X-SAGO dengan kerangkeng, “Produk paling laris dari PT. Bumi Mataritama”

Untuk memiliki produk timbangan yang berkualitas juga bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau, mungkin kami dapat memberikan solusi terbaik melalui produk timbangan digital yang diman “langsung kami produksi sendiri” seperti timbangan hewan ternak digital untuk hewan berbobot super besar hingga 2 ton juga timbangan barang berat yang sangat cocok untuk ekspedisi dan pabrik dengan bobot maksimal standar 5 ton dengan opsi penambahan bobot custom hingga 10 ton.

Keuntungan membeli produk dengan brand X-SAGO di PT. Bumi Mataritama adalah anda tidak akan menemukan timbangan palsu dengan kualitas kurang baik sperti dalam akurasi yang lemah maupun tidak bandel dalam segala aplikasi. Produk yang telah kami produksi sejak tahun 2000 ini merupakan produk yang telah banyak digunakan dalam industri peternakan dan manufacturing, bahkan timbangan hewan digital kami telah menjadi rekomendasi terbaik untuk pasar hewan ternak di mata Dinas Peternakan Negara.

Takaran timbangan digital yang kami produksi sudah terkalibrasi dengan sangat sempurna dengan akurasi tinggi, tentunya sangat pas selali bagi anda yang mendambakan timbangan bandel berkelas internasional dengan kapasitas super besar.

Timbangan Barang Berat Teknologi Super Canggih dan Bandel “Kap. Maksimal standar 5 Ton Opsi Custom 10 Ton”

Timbangan barang digital multifungsi type floor scale

Searches related to Timbangan Sapi : harga timbangan sapitimbangan sapi portableharga timbangan sapi hiduptimbangan ternakharga timbangan ternakharga timbangan sapi digitaldaftar harga timbangan sapi hiduptimbangan sapi hidup

Leave your thought

WhatsApp chat