Anak Timbangan

Each week, we bring you something a little bit different from the last news

PT. Bumi Mataritama > Blog > Anak Timbangan > Anak Timbangan

Anak Timbangan

Anak timbangan adalah benda ukur massa yang digunakan atau dipakai sebagai pelengkap pada alat timbang yang menentukan hasil penimbangan. Karakter fisik dan metrologisnya diatur, yang meliputi : harga nominal, bahan, konstruksi, dimensi, massa jenis, kondisi permukaan, penandaan dan kesalahan maksimumnya. Peraturan tentang karakteristik dan sifat metrologis anak timbangan diatur berdasarkan Surat Edaran Direktur Metrologi tanggal 29 juni 1999 No. 4599/ Dirmet-1.1/ VI/ 1999.

Massa nominal anak timbangan disusun berdasarkan kelipatan : 1, 2, 2, 5 dan 10, mulai 1 mg hingga 50 kg. Masing-masing anak timbangan sesuai dengan harga nominal dan kelasnya mempunyai batas kesalahan yang diizinkan (BKD). Makin tinggi kelasnya makin kecil BKD-nya. Untuk mengetahui apakah anak timbangan memenuhi BKD sehingga dalam penggunaan tidak merugikan masyarakat, maka perlu dilakukan peneraan terhadap anak timbangan tersebut. Dan untuk menjaga ketertelusuran anak timbangan ke standar nasional maupun standar internasional maka secara periodik anak timbangan tersebut harus dikalibrasi.

Metode kalibrasi AT dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
1.Metode perbandingan langsung
Syarat mutlak untuk metode perbandingan langsung adalah anak timbangan yang dikalibrasi (ATK) dan anak timbangan standar (referensi) mempunyai massa nominal yang sama.
2.Metode subdivisi (diseminasi)

Pada metode subdivisi (diseminasi), satu set anak timbangan dapat dikalibrasi oleh satu buah anak timbangan standar dengan massa nominal bisa berbeda.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi dalam melakukan kalibrasi anak timbangan adalah:
1.Kondisi lingkungan
    *  Kondisi laboratorum dijaga pada Ambient atmospheric pressure
     *  Room temperature
    *  Relative humidity
2.Untuk AT kelas E1 dan E2 suhu laboratorium  sebesar : 18 °C – 27 °C, untuk kelas F1 sampai M2 tidak dikhususkan.
3.Massa jenis udara berada dalam rentang : 1,2-10% < ρair < 1,2+10% ,Jika massa jenis udara diluar rentang tersebut maka perhitungan harus menggunakan massa sebenarnya dan massa konvensional harus dihitung dari massa sebenarnya.

Penting untuk kita mengetahui cara merawat anak timbang, karena anak timbang merupakan standar yang digunakan untuk mengkalibrasi timbangan. Perlakuan yang tidak tepat / cara perawatan yang kurang baik terhadap anak timbang tentunya akan berdampak pada besarnya ketidakpastian pada anak timbang tersebut sehingga budget dari ketidakpastian yang berkontribusi pada kalibrasi timbangan dengan menggunakan anak timbang tersebut juga akan semakin besar.

Leave your thought

WhatsApp chat